Thursday, June 30, 2011

Suka CIta sambut Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan..., kala takbir mengumandang, dan kegirangan malam kali pertama ia datang menggantikan malam2 sunyi sebelumnya, senyum2 manis para perindu yang terindah, butiran2 tangis bahagia yang menyuburkan bumi berjatuhan, dikala hati penuh sesak menyesak tumpah ruah dalam kegembiraan, maka ia datang dalam barisan waktu yang memulihkan kekerasan hati, menampung cerita2 panjang para hamba yang merindu Tuhannya.


Allah SWT. telah memuliakan Ramadhan diantara bulan2 lainnya hanya kepada hamba2 yang beriman, yang senantiasa memupuk asa untuk bertemu dengan-Nya. Pada bulan ini Allah SWT. memerintahkan kaum muslim untuk berpuasa, satu perbuatan yang Allah tuntunkan untuk menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaa kutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna”Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS.Al-Baqarah:183)

kita menjalankan ketakwaan di bulan ini, sebab Allah telah menjanjikan hambanya kelipatan pahala yang begitu besar atas ibadah2 yang kita lakukan di bulan ini. lalu disertakan peristiwa yang bila seorang hamba bertemu dengannya lalu beribadah, maka kebaikan ibadahnya itu seperti ibahda seribu bulan. ialah malam lailatul Qadr. malam seribu bulan.

padanya (bulan Ramadhan) ada kemuliaan2 Yang Allah anugerahkan padanya.
1. Syahrun Azhim (Bulan Yang Agung)
2. Syahrul Mubarak
3. Syahru Nuzulil Qur'an
4. Syahrus Shiyam
5. Syahrul Qiyam
6. Syahrus Sabr (bulan sabar)
7. Syahrul Musawwah (Bulan Santunan)
8. Syahrul Yuzdaadu fiihi Rizqul Mu'min


mari bergembira sambut bulang ramadhan, Siapa-siapa yang bergembira menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, Allah mengharamkan tubuhnya disentuh oleh api neraka” (Al-Hadits).

**disadur dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..