Monday, September 24, 2012

Dr. Ibrahim Elfikky; Terapi Berpikir Positif

Membacanya berarti menata kembali serpihan-serpihan pikir yang berantakan karena salah dalam menentukan sikap atas berbagai peristiwa kehidupan.

Mendapati ujian, kita seringkali menyikapinya dengan rintihan, gelisah, sedih, meratap.. mendapati nikmat seringkali menghamburnya, menikmatinya sendiri.. tak jarang meninggalkan luka setelah semua itu berlalu.

Setidaknya ada tiga pembunuh yang senantiasa mengintai kehidupan kita dalam berpikir. tiga hal tersebut adalah menyalahkan orang lain,...

.....
beberapa metode yang digunakan oleh dr. El Fiky dalam menanamkan pikiran positif dalam diri seseraong adalah sebagai berikut :


1. Mengubah masa lalu

mengubah masa lalu? terbayang kita menaiki mesing waktu, dan ketika kita memencet tombol start, maka gerbang waktu terbuka dan kita melesat secepat kilat menuju dimensi waktu yang kita inginkan... dan ta ra.. kita siap mengubah kesalahan-kesalahan masa lalu. Hm.. tentu kalau seperti ini akan berdampak sangat besar pada masa kini. boleh jadi kita akan kehilangan dunia masa kini kita... Itulah fiksi, yang banyak ditayangkan di adegan filem2. lagi pula hal tersebut hanya khayal. tak akan terjadi didunia nyata.

Mengubah masa lalu Oleh dr, yaitu dengan mengenang kembali peristiwa masa lalu yang menurut kita "gagal, buruk, kacau, tenggelam, kelam dll". secara detil kita membayangkannya. scene demi scene. tentu perasaan kita akan kacau karenaya. mengingat kembali sesuatu yang telah membuat kita frustasi. Namun disinilah letak kekuatannya. setelah membayangkan kembali peristiwa itu, lalu ambillah pelajaran., tariklah kesimpulan, mengapa kekacauan dan kegagalan itu terjadi. bagaimana itu bisa terjadi, dimana letak kesalahannya. ketika semua pertanyaan2 itu terjawab, simpanlah erat2 sebagai memori yang akan kita gunakan dimasa kini jika kita menghadapi peristiwa yang sama atau serupa. InsyaAllah akan menjadikan kita sukses menghadapinya, karena kita telah mendapatkan Ilmu dari peristiwa masa lalu itu. begitulah cara mengubah masa lalu kita.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..