Wednesday, January 30, 2013

Hifdzil Qur'an ; manfaatkan MP3 Cutter Editor

Siapa yang tidak tahu, salah satu amalan yang akan mengantarkan seseoirang meraih jannah Allah. Mereka yang menyibukkan dirinya dengan Al Qur'an, sungguh mareka itu mendapat keutamaan yang besar disi Allah SWT.

“Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ‘Barangsiapa yang disibukkan oleh Al Qur’an dan berdzikir kepada-Ku (hingga lalai) dari memohon kepada-Ku niscaya Aku akan memberikan yang lebih utama daripada yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta, dan keutamaan Kalamullah daripada seluruh perkataan lainnya sebagaimana keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. Tirmidzi, dan beliau berkata: Hadits Hasan)

Ada begitu banyak metode menghafal Al Qur'an yang berkembang akhir-akhir ini. mulai dari metode drill hingga Asosiasi. Salahs satu yang menarik adalah metode drill tidak langsung.

Metode drill tidak langsung, yaitu metode menghafal yang menitik beratkan pada pembiasaan. Jika pada drill secara langsung, dengan cara membacanya berulang-ulang, maka drill tidak langsung menggunakan indera pengdengaran. Dengan cara mendengar berulang-ulang ayat Al Qur'an yang dibaca oleh salah seorang hafidz yang lain.

Kalau mendengarkan tilawah langsung satu surat, tentu hafalnya akan lama. cara terbaik metode ini adalah mendengarkan per ayat per-ayat secara berulang-ulang sampai hafal. 

dengan cara ini tidak perlu fokus yang besar, cukup menggunakan MP3 atau perangkat audio yang lainnya sambil melakukan akitifitas yang lain. 

Dengan bantuan teknologi saat ini, sangat mudah untuk membuat pecahan beberapa ayat. salah satunya bisa menggunakan MP3 Cutter Editor. yang secara gratis dapat di download di internet.

Berikut adalah cara menggunakan MP3 Cutter Editor :




  1. Langkah pertama adalah memilih surat dalam Al Qur'an yang akan dihafal. misal surat Al Baqoroh ayat 50.
  2. membuka program MP3 Cutter Editor.
  3.  
  4. Langkah selanjutnya memasukkan file
  5. setelah itu blok ayat yang ingin dihafal, potong, dan file siap digunakan
  6. hasilnya akan menjadi : http://www.4shared.com/mp3/OYp2umWt/49-50.html?

Setelah FIlenya sudah jadi, yang perlu dilakukan pada akhirnya adalah mem-play  file tersebut terus menerus sampai hafal. 

Tentu akan menjadi lebi efektif jika metode ini digabungkan dengan metode menghafal yang lainnya. atau yang sesuai dengan kebiasaan masing-masing. Karena setiap orang memiliki kecenderungan yang berbeda-beda dalam menentukan metode menghafal.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..