Friday, December 13, 2013

Politik main-main ala PKS

Politik adalah permainan orang dewasa yang menyenangkan. Mm.. apa iya ya? Mari kita lihat perkembangan yang terjadi dilapangan. Buat saya, sebagai masyarakat biasa, satu-satunya cara untuk mengakses informasi mengenai politik adalah lewat televise.
Dan apa yang saya saksikan? Saya disuguhkan informasi mengenai adu argumen yang saling menjatuhkan . diwaktu yang lain, saya dipertontonkan aksi saling tuding dan hujat antara satu dengan yang lain. Juga pernah ada yang mau jotos-jotosan.
Baca surat kabar juga sama. Semua berita yang dimuat diHeadline hampir mengenai prahara yang menimpai pelaku politik tertentu. Jarang tuh saya temu missal prestasi sebuah pelaku politik A ditampilkan menjadi headline.

Atau berita tentang korupsi pejabat public, yang saat ini sangat santer di negeri ini. Yang satu ini hampir berada di media kabar seluruh Indonesia. Mau diheadline atau diulasan lain, mau media nasional ataupun daerah. Kasus ini adalah kasus yang paling sering menampilkan wajah politik negeri ini.
Jadi intinya buat media saat ini, bad News is a good news.  Atau ada juga media yang memang berupaya menampilkan pemberitaan yang buruk, bahkan sampai diburuk-burukan semata-mata agar rating medianya naik. Sudah karakter orang pembaca lah ya.. lebih doyan berita buruk.
Kesukaan pembaca terhadap bad news, tidak lantas menjadikan mereka suka terhadap apa yang diberitakan. Misal, ketika membaca berita korupsi, bukan lantas pembaca menyukai tindakan korupsi itu. kesukaan pembaca hanya didasari rasa ingin tahu atas peristiwa yang terjadi. Yang terjadi selanjutnya bagi pembaca yang menelan mentah-mentah informasi tersebut akan menjadi korban. Yang muncul adalah sikap tidak suka terhadap para pelaku politik, jijik, heran, nggumun. Dan pada akhirnya berkesimpulan bahwa politik itu kotor dan buruk. Sehingga menjadikan dirinya apolitis. Bahkan samasekali tidak berpartisipasi dalam dunia perpolitikan.
Tapi…. Ini lain ceritanya kalau bicara kegiatan politik ala PKS.
Politik PKS itu menyenangkan, karena kegiatannya diisi pengajian. Seminggu sekali  mesti ada pengajian, kadang-kadang mabit bareng dimasjid, muroja’ah atau nambah hafalan. –wah pengajian ditunggangi politik!—eits, kalau diPKS politik yang ditunggangi pengajian.. Menyenangkan bukan politik ala PKS
Politik PKS itu menyenangkan, seminggun sekali juga pasti ada saja club-club olahraga yang rutin diadakan PKS. Mulai dari Futsal sampai beladiri. Jadi politik PKS itu bikin bugar badan disamping menjaga kesehatan. Menyenangkan bukan politik ala PKS
Politik PKS itu menyenangkan. Kalau pas kampanye kita rame-rame blusuk-an bukan blusukan ala Jokowow lho ya..  hampir mirip lah ya.. dikit. Bedanya blusukanny  PKS kerumah-rumah, satu persatu disambangi. Kita datang dengan baik-baik, mengucap salam, sungging senyum penuh kehangatan. Baik-baik kami minta izin untuk masuk. Perkenalan, lalu bicara panjang lebar untuk menjelaskan program PKS. Dengan cara ini juga PKS dapat menggali informasi mengenai persolan yang dihadapi oleh warga. Tak pandang bulu, kaya miskin, pejabat rakyat biasa, muslim nonmuslim, bahkan jelas-jelas secretariat partai lain pun PKS sambangi. Prinsipya buat PKS, semakin banyak orang dikunjungi, maka akan semakin banyak jaringan, semakin banyak rezeki, semakin menambah usia.. makanya orang  PKS awet muda hehehe… Menyenangkan bukan politik ala PKS
Politik PKS itu menyenangkan. Malam-malam pasang spanduk, kadang sampai pagi. Tak jarang ketemu tim pemenangan partai lain. Agak tegang sih.. tapi benar-benar menyenangkan. Sudah kayak di filem-filem. Pasang spanduk adalah misi yang harus diselesaikan, dan heningnya malam mencekam, beratnya medan menghadang. Bayangkan pas mau berangkangkat lalau di shoot  kamera dengan pergerakan 360 derajat,, wuih keren tuh.. Menyenangkan bukan politik ala PKS.
Politik PKS itu menyenangkan, jelang pemilu misalnya. Disiapkan tim khusus untuk melakukan pengamanan dan patrol keliling. Menjaga kalau-kalau ada yang melakukan money politic didetik-detik terakhir pencoblosan. Tegang, wasapada, berjaga, wuih… apalagi kalau kita pas mergokin ada segerombolan orang yang mencurigakan, dan bener,.. pas di pergokin dia bawa uang, dan mau dibagiin kewarga. Adegannya bisalah kita buat agak lebay ..
“jangan bergerak!, anda sudah kami kepung!”.. tim khusus mengepung dari berbagai penjuru. 
“Iya.. ampun pak, kami Cuma disuruh saja” .. jawab tersangka. 
“siapa yang suruh..” Tanya tim khusus
“Anu pak dari ***** ”

Sudah kayak adegan filem laga gitu.. Menyenangkan bukan politik ala PKS.
Politik bagi PKS adalah permainan orang dewasa yang menyenangkan.. 
Penderitaan cinta
CInta datang, dan pergi. Harapanku ia pergi tanpa meninggalkan luka. Tapi dia datang, mengakar dengan kuat. Menghujam dalam. Menyusun kerangka rumah-rumah cinta yang kokoh. Menyusun bilik-bilik memori dengan cinta. Ketika dia pergi tak mampu menghancurkan, membersihkan semua kerangka cinta.
Yang tersisa dari cinta adalah puing. Puing yang menciptakan rasa sakit yang berkepanjangan. Sakit yang membuat luka semakin lebar, sakit yang terawat bagai kanker. Menderita karena cinta.
Cinta yang meberi harapan-harapan, pergi meninggalkan luka. Luka dalam. 
Pergi-pergilah cinta! (Elegi Cinta)

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..