Friday, July 30, 2010

Pelajaran Dari Yusuf AL Qordhowi

Prioritas bidang Ilmu dibanding amal:

1. Karena ilmu merupakan petunjuk dan pemberi arah pada amal yang akan dilakukan
2. Ilmulah yang membenarkan niat dan yang membetulkan perbuatan yang akan dilakukan
3. Ilmu pengetahuan yang mampu membedakan antara yang haq dan yang bathil dalam keyakinan umat manusia
4. Dengan Ilmu pengetahuan kita dapat mengetahui apa yang mesti didahulukan dan apa yang harus diakhirkan

Generasi rabbani: yaitu
orang yang berilmu, beramal, dan mengajarkan ilmunya;
sebagaimana diisyaratkan dalam firman Allah SWT:
"... akan tetapi (dia) berkata, 'Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani (yang sempurna ilmu dan taqwanya kepada Allah), karena kamu selalu mengajarkan al-Kitab dan disebabkan kamu telah mempelajarinya." (Ali 'Imran: 79)

Prioritas pemahaman dibanding hafalan

1. Ilmu yang hakiki ialah ilmu yang betul-betul kita fahami dan kita cerna dalam otak kita
2. "Barangsiapa dihendaki Allah mendapatkan kebaikan, maka Dia akan memberinya pemahaman tentang agamanya." Muttafaq Alaih, dari Mu'awiyah. al-Lu'lu' wa al-Marjan

Maksud dan tujuan dibanding penampilan luar

menyelami pelbagai tujuan yang terkandung di dalam syari'ah, mengetahi rahasia dan sebabsebabnya, mengaitkan antara satu sebab dengan sebab yang lain, mengembalikan cabang kepada pokoknya, mengembalikan hal-hal yang parsial kepada yang universal, dan tidak menganggap cukup mengetahui penampakan dari luar, serta jumud di dalam memahami nash-nash syari'ah tersebut.

Ijtihad atas taklid

Setiap masa memiliki kekhasan dan masalahnya masing-masing, tidak ada hukum keajegan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, sehingga kita akan mendapati beberapa pembahasan yang berbeda, padahal terhadap 1 objek yang sama. Inilah ijtihad, yaitu upaya dalam menjelaskan sebuah duduk permasalahan yang disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada sebuah zaman.

Study dan perencanaan pada urusan dunia

Semua pekerjaan yang baik mesti didahului dengan studi kelayakan terlebih dahulu, dan harus dipastikan menghasilkan sesuatu yang memuaskan sebelum pekerjaan itu dimulai. Oleh karena itu, mesti ada perencanaan sebelum melakukannya, dan harus diperhitungkan secara matematis dan dilakukan berbagai penelitian sebelum pekerjaan itu dilakukan.
Prioritas dalam pendapat-pendapat fiqh
Sesungguhnya pemilihan terhadap pendapat yang kita terima itu tidak dapat dilakukan secara acak (random), dengan tindakan yang ngawur; di samping itu kita tidak boleh mengikuti hawa nafsu; tetapi semua tindakan yang akan kita lakukan harus ada ukuran yang dapat ditujuk dan dijadikan pedoman.
Membedakan antar dalil qath’i dan dalil zhani
Keputusan yang ditetapkan melalui ijtihad tidak sama dengan ketetapan melalui nash; dan apa yang telah ditetapkan oleh nash kemudian didukung oleh ijma' yang meyakinkan, tidak sama dengan apa yang ditetapkan oleh nash tetapi masih mengandung perselisihan
pendapat.

Sebenarnya hal-hal yang dianggap paling membahayakan didalam da'wah Islam dan kebajikan Islam ialah bergulirnya manusia secara terus-menerus kepada persoalan-persoalan khilafiyah yang tidak akan ada habis-habisnya, serta akan selalu membuat suasana panas di sekitarnya, dan akan mengkotak-kotakkan manusia sesuai dengan pandangan yang mereka anut, serta menentukan layak tidaknya seseorang atas dasar hal tersebut.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..