Friday, December 16, 2011

selamat jalan, dijalan dakwah kita bertemu.


Bismillahirrohmanirrohim…
“Sesungguhnya Alquran adalah kitab yang mulia. Tidak akan dihinggapi oleh kebatilan (kepalsuan), baik dari hadapan atau pun dari belakangnya. Itulah wahyu yang turun dari Tuhan yang Maha Bijaksana lagi Terpuji.” (Q.S. Fushshilat:41-42)
 “Sesungguhnya Kami (Allah) menurunkan peringatan (Alquran) dan sesungguhnya Kami pasti  elindunginya (dari kepalsuan).” (Q.S. Al-Hijr:9)
Alhamdulillah, atas segala nikmat yang Allah anugerahkan kepada saya, dan kita semua, hingga dalam barisan dakwah ini kita masih dapat bersua merajut langkah-langkah juang menegakkan Islam.
Sholawat dan salam semoga tercurah sentiasa atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, Keluarga, sahabat, tabi’ut-tabi’in, ‘ulamau’amilin, dan orang-orang yang senantiasa teguh mengikuti langkah-langkah perjuangannya.

Bila satu ayat dalam Al Qur’an dihujjahkan hanya untuk menguatkan sebuah pendapat pribadi yang didasarkan pada penilaian subyektif dan atau obyektif, maka disitulah satu letak kesalahan kita dalam memposiskan Al Qur’an. Seperti yang ditunjukan oleh musuh-musuh Islam itu, mereka mengambil sebagian dari teks AL Qur’an dengan tanpa memperhatikan kedudukan ayat, sebab musabab ayat, dan hubungannya dengan ayat lain. Menggunakan Al Qur’an itu untuk menguatkan pendapat mereka untuk menentang Islam. Mereka bersombong ria dengan kejeniusan mereka dalam menentang Islam dengan mengatakan “lihatlah, kitabmu berkata begini, berkata begitu..” padahal sesungguhnya mereka sungguh berada dalam kebodohan yang nyata.
Ada lagi orang-orang yang berusaha menandingi Al Qur’an dengan karya-karya akalnya. Yang terjadi bukanlah kemuliaan yang mereka dapatkan, melainkan hinaan atas keburukan karya penanding yang mereka ciptakan, hingga kenal-lah kita dengan Musailama Al Kadzab, Mirza Ghulam Ahmad, Lia Eden dan masih banyak lagi.
Allah swt mewajibkan kita agar bersikap baik terhadap Kitab-Nya, yaitu memperhatikan adab-adab dalam mengkaji dan mempelajarinya, memperhatikan upaya-upaya dalam mengamalkannya, serta bersemangat untuk mengajarkannya.
“yang terbaik diantara kamu adalah yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an…”
Oleh karena itu, meski Al Qur’an yang berabad usia ini tengah dihasut, dilecehkan, dihinakan, ditentang, dimasyghulkan, diotak-atik, dan di selewengkan. Tetap dia (Al Qur’an) itu adalah kitab yang mulia disisi Allah SWT, dan Allah sendirilah yang akan menjaga dan merawatnya. Melalui hamba-hamba yang hanya mengharap keridhoaanNya.
Semoga kita menjadi satu bagian dari orang-orang yang menggiatkan diri untuk mempelajari Al Qur’an, mengamalkan dan menyebarkannya.
Satu periode perjalanan dakwah, di atas sebuah bahtera yang menyejarah, yang mempersaksikan perjuangan nahkoda dan para awak kapalnya, mengarungi samudra luas kehidupan, menebar-nebar kebaikan, menebar-nebar peringatan, menebar-nebar hangat semangat perbaikan –dakwah-.
Juga, bahtera ini menjadi saksi atas perjuangan kru kapal yang selalu berganti disetiap persinggahan periode labuannya. Tetap sama, disetiap kendali kru yang berbeda, ia mendapati bahwa orang-orang yang berjibaku diatasnya hanya berjuang pada satu tujuan, yaitu Ridho Allah SWT – mewujudkan kampus Islami-. Hanya saja, penampilan bahtera ini tak selalu sama, kadang dia Nampak indah pada satu waktu, bersolek aksesori dan warna yang cerah, Nampak kokok menantang badai, menari-nari indah diterpa gelombang. Karena memang awak kapal yang begitu gigih dan giat, produktif dan ulet, kreatif dan inovatif, di tambah nahkoda yang cerdik, piawai dalam memimpin.
Namun terkadang  bahtera ini terperosok juga, Nampak tak terurus dan usang, meski begitu ia tetap berlabuh, menantang badai, terseok-seok diatas gelombang. Yang dia tahu hanyalah mengantar penumpang hingga tujuannya. Dialah bahtera itu, UKM UKKI Al Mujahidin UNY.
“Semoga Allah senantiasa merahmati orang-orang yang berjuang didalamnya..”.
Laporan Jabatan Ketua Ukm Ukki Uny 2011
Berdasarkan arahan Garis-Garis Besar Haluan Kerja Unit  Kerohanian  Slam (Ukki) Jama’ah Al Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta (Uny) Periode 2011 M/ 1432-1433 H, ketua menjalankan tugas-tugasnya sebagai berikut:
1.             Penanggungjawab umum atas jalannya roda organisasi.
2.             Koordinator umum kelembagaan.
3.             Bersama seluruh pengurus bertanggungjawab melaporkan seluruh kegiatan yang berlandaskan hasil MUSTAH.
4.             Bersama pengurus harian menentukan kebijakan dan arahan umum pelaksanaan hasil MUSTAH.
5.             Melakukan koordinasi dengan lembaga dakwah lembaga umum, baik intra atau ekstra kampus.
6.             Bertanggung jawab mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengarahkan gerak FSLDK UNY.
7.             Bersama dengan BINKAD bertanggung jawab terhadap pengelolaan ikhwan UKKI.
Maka berikut saya laporkan pertanggungjawaban ketua kepada hadirin sekalian secara deskriptif pelaksanaan amanat ketua UKM UKKI UNY 2011:


1.             Penanggungjawab umum atas jalannya roda organisasi.
Selama kepengurusan ditetapkan dan dilantik, ketua bersama pengurus UKKI periode 2011 telah menjalankan fungsi-fungsi sebagai berikut:
a.              Bersama pengurus harian, dan anggota UKKI periode 2011 menjalankan amanah tugas selama satu periode terhitung sejak dilantik, januari 2011 hingga desember 2011.
b.             Menyusun dan menetapkan kebijakan program kerja selama satu periode. Dapat dilihat di laporan Raker dan secara detil pada setiap departemen
c.              Bersama dengan pengurus harian melakukan pelaksanaan program
d.             Bersama dengan pengurus harian melakukan control program kerja
e.              Bersama dengan pengurus harian melakukan evaluasi terhadap program kerja yang diselenggarakan selama satu periode.
2.             Koordinator umum kelembagaan.
Selama kepengurusan ditetapkan dan dilantik, ketua UKKI 2011 telah menjalankan fungsi-funsi sebagai berikut:
a.       Memutuskan dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berkenaan dengan organisasi.
b.      Menghadiri undangan-undangan kolega organisasi. Meski demikian tidak semua undangan dapat  dihadiri, lalu dimandatkan ke sekeretaris dan atau pengurus harian yang lain. Bilaman tidak dapat memenuhi undangan juga, maka dilakukan konfirmasi, dan atau tidak konfirmasi.
3.             Bersama seluruh pengurus bertanggungjawab melaporkan seluruh kegiatan yang berlandaskan hasil MUSTAH.
Berkenaan dengan tugas ini, maka Laporan akhir tahun ini menjadi sarana pelaksanaan amanat pada poin ketiga ini, dan juga laporan pertanggungan jawab tengah periode.
4.             Bersama pengurus harian menentukan kebijakan dan arahan umum pelaksanaan hasil MUSTAH.
Hal ini terwujud melalui perencanaan program kerja UKM UKKI UNY 2011 selama satu periode.
5.             Melakukan koordinasi dengan lembaga dakwah lembaga umum, baik intra atau ekstra kampus.
Amanat ini terwujud dengan aktif mengikuti forum-forum komunikasi kemahasiswaan yang ada di UNY. Dengan sesame UKM mengikuti Forkom UKM, dengan LDF mengadakan FKLDK (Forum Komunikasi Lembaga Dakwah Kampus).
6.             Bertanggung jawab mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengarahkan gerak FSLDK UNY.
Pada poin ini, ketua terlibat langsung dengan menjadi ketua BP Nas Jogja, dan pada waktu berikutnya, dikarenakan peleburan BP dan Puskomda, ketua UKKI juga menjabat sebagai Ketua Tim Fsldk (gabungan BP Nas dan Puskomda FSLDK Yogya).
7.             Bersama dengan BINKAD bertanggung jawab terhadap pengelolaan ikhwan UKKI.
Pada poin ini, titik tekan kebijakan pembinaan dipusatkan atau diprioritaskan di lini fakultas, sedang untuk pembinaan pengurus UKKI Ikwan, tidak terkelola dengan baik.
Laporan Umum Ukm Ukki Uny 2011
1.             Kepengurusan
a.       UKM UKKI UNY 2011 ketika pertama kali dilantik berjumlah
b.      Tengah periode berjumlah
c.       Akhir periode berjumlah
2.             Syiar
Syiar UKM UKKI UNY 2011 dibagi dalam beberapa waktu pelaksanaan
a.       Rangkaian Open house
b.      Rangkaian Pekan Raya Peradaban
c.       Agenda pendukung
3.             Kaderisasi dan pembinaan
a.         Arahan kebijakan kaderisasi dan pembinaan dimulai dari rekruitmen hingga penkaryaan kader dibidang-bidang amal yang dapat mengembangkan potensi kader itu sendiri.
b.        Rekruitmen dan pembinaan diprioritaskan dilakukan di LDF
4.             Kepemimpinan
a.       Model kepemimpinan yang diterapkan adalah model kepemimpinan demokratis didalam mengambil keputusan strategis organisasi. Disamping menjalankan system yang sudah ada sebelumnya.
b.      Pemimpin memusatkan koordinasi structural pada level Pengurus Inti dan Pengurus harian, sedang secara cultural banyak dilakukan dalam agenda non program atau non organ.
c.       Pemimpin disatu sisi sebagai ketua UKKI UNY 2011, juga sebagai Ketua FSLDK Yogya disisi lain.


1 comment:

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..