Friday, August 7, 2009

Wimax ; generasi Wireles tercanggih

PRINSIP KERJA TEKNOLOGI WIRELESSMANTM

Teknologi WirelessMANTM / IEEE 802.16 / WiMAX dapat meng-cover area sekitar 50 kilometer, dimana ratusan pelanggan akan di-share sinyal dan kanal untuk mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 155 Mbps. Aspek keamanan merupakan aspek yang sangat penting dan akan dievaluasi oleh para pengguna internet dengan menggunakan fasilitas ADSL atau teknologi kabel modem maupun yang berlangganan dengan teknologi WiMAX. Sistem pengamanan data dilakukan pada layer physical (PHY) dan data link layer (MAC) pada suatu arsitektur jaringan, tepatnya pada base station (BS) untuk didistribusikan ke wilayah sekelilingnya dan subscriber station (SS) untuk komunikasi point to multipoint. Base station (BS)
dihubungkan secara langsung dengan jaringan umum (public network). Secara umum WirelessMANTM traffic dibedakan menjadi tiga bagian, seperti berikut ini [4] :

1. Pelanggan mengirimkan data dengan kecepatan 2 – 155 Mbps dari subscriber station (SS) ke base station (BS).
2. Base station akan menerima sinyal dari berbagai pelanggan dan mengirimkan pesan melalui wireless atau kabel ke switching center melalui protokol IEEE 802.16.
3. Switching center akan mengirimkan pesan ke internet service provider (ISP) atau public witched telephone network (PSTN).

Ketiga bagian tersebut di atas secara blok dapat dilihat pada Gambar 2.1 dibawah ini. Pada Gambar 2.1 di atas laptop dan desktop personal computer (PC) berfungsi sebagai subscriber station (SS), tower antenna beserta perangkatnya sebagai base station (BS) dan swithcing center sebagai pengatur pilihan koneksi ke internet service provider (ISP).



No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..