Monday, April 18, 2011

Bom jakarta

Jakarta - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar menegaskan, situasi di Jakarta dan sekitarnya aman. Ledakan bom di Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, tak berpengaruh di ibukota.

"Insyallah aman," tegas Baharudin kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/4/2011).

Meski demikian, jajaran kepolisian di wilayah hukum Polda Metro Jaya tetap melakukan kesiap-siagaan. Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Sujarno menyatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi teror bom di Jakarta dan sekitarnya.

"Berkait kejadian di Cirebon, ketika terjadi, kita lakukan langkah-langkah kepada para Kapolres untuk sterilisasi wilayah," kata Sujarno lagi.

Sterilisasi itu, kata dia, tidak hanya dilakukan ke luar. Namun, pihaknya menginstruksikan kepada jajaran kepolsian agar melakukan sterilisasi ke dalam atau di markas kepolisian.

"Seluruh markas, Polsek dan Polres agar memperketat pengamanan dengan libatkan bom," katanya.

Jajaran kepolisian di Polsek dan Polres diharapkan untuk melakukan pengawasan dan pengamatan secara ketat di markas masing-masing. Termasuk, pengetatan pemeriksaan bagi pengungjung markas kepolisian.

"Walaupun selama ini sudah ketat dimarka. Oleh karena itu jangan tersinggung dengan pemeriksaan ini," lanjut Sujarno.

Masing-masing Polres juga diminta agar melakukan kesiapan personel dan peralatan. "Meskipun sudah disetting demikian, tapi kita ingatkan kembali," ujarnya.

Jajaran Polsek dan Polres juga diinstruksikan untuk melakukan razia di wilayah-wilayah penyekatan. Dengan sasaran razia yakni senjata api, senjata tajam dan bahan peledak.

"Kita juga akan meminta Binmas untuk bekerjasama dengan Muspida untuk mendata penduduk," tutupnya.

(mei/mad)

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..