Thursday, June 28, 2012

Meramadhankan dirimu

Bilang kalau kau tak bahagia tentang hadirnya. 
Katakan bila kau tak merindunya.
atau Tak perlu kau mempersiapkan kedatangannya.
maka rugi... seperti ruginya seorang pebisnis, yang meniggalkan peluang terjadinya keuntungan yang sangat besar bagi dirinya.
Ramadhan adalah dimensi waktu, yang memiliki awal dan memiliki akhir, tak akan sama ramadhan kali ini dengan ramadhan tahun kemarin. dan perbedaan itu tidaklah sama untuk semua orang. Pada akhirnya perbedaan itu mengakibatkan munculnya tiga golongan, yang pertama adalah mereka menyia-nyiakan bulan penuh berkah ini, mereka adalah serugi-ruginy pebisnis, karena tidak mealukan amal-amal yang istimewa dibulan ini. Yang kedua adalah mereka yang biasa-biasa saja, tidak ada peningkata. mereka tak untung dan tak rugi. dan yang ketiga adalah mereka yang benar-benar meningkatkan kualitas amalnya dibulan ramadhan. mereka ini yang menjadi pebisnis super untung.
layaknya balap MotoGP. kulitas keuntungan kita dibulan ramadhan ditentukan seberapa jauh menempuh suatu jarak dengan waktu yang telah ditentukan. kalau MotoGp siapa cepat dia menang, kalau Ramadan siapa menempuh jarak terpanjang dia menang. seberapa banyak amal yang dilakukannya maka ia menjadi pemenang ramadhan.
Namun perlu diperhatikan juga, kendaraan yang digunakan untuk berpacu dalam ramadhan. pastikan kondisinya prima. perlu persiapan. bagaimanamungkin kita akan kuat baca Qur'an sepuluh jus perhari, kalau dalam sehari satu jus saja berat dilakukan diluar ramadhan. atau sholat malam, atau sedekah, atau berbuat baik pada orang lain, atau membantu kesulitan orang lain.. pada intinya semua itu perlu untuk dilatih sebelum ramadhan. Latihan denga berpuasa senin kamis ata puasa sunnah lainnya, latihan sholat malamnya ditingkatkan, membiasakan diri untuk tilawah denga jumlah yang sedikit lebih banyak. dan seterusnyalah...
setidaknya berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan menjelang ramadhan:
1. Mendalami ilmu tentang ramadhan
2. Berpuasa sunnahnya ditingkatkan
3. Tilawahnya ditingkatkan
4. Sholat-sholat Sunnahnya ditegakkan
5. Manajemen waktunya diperbaiki
6. Persiapan fisik, dengan olahraga teratur
7. Biasakan diri dengan memelihara Wudhu
8. Bermuhasabah sebelum tidur
9. Menertibkan adab-adab kehidupan yang sesuai dengan sunnah
10. Tanamkan rasa bahagia untuk menyambu hadirnya
sehingga ketika ramadhan tiba, kendaraan kita benar-benar dalam kondisi prima. siap berpacu, menjadi yang terdepan.
oleh karena itu "ramadhankan dirimu" sebelum ramadhan tiba. sehingga ketika ramadhan tiba kita menjadi jawara.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..