Sunday, June 24, 2012

siratan impian

Allah memenangkan dengan kekuatan, dan tidak ada kekuatan selain kekuatan Allah. Dan bagi umat manusia, kekuatan berarti tingginya peradaban, tetapi bukan peradaban yang parsial, yaitu peradaban yang hanya sekedar dibangun diatas satu kepentingan tertentu dan melupakan universalitas harmoni kemanusiaan yang luas. tak sekedar dibangun diatas kekuatan militer namun melupakan pembangunan, tak hanya sekedar dibangun diatas kesejahteraan sosial dan melupakan pertahanan, atau mementingkan kekayaan lalu meninggalkan pengembangan ilmu pengetahuan. terlebih ketika peradaban itu dibangun dengan meninggalkan pemurnian etika kemanusiaan, moral kemanusiaan. Peradaban yang dibangun dengan model ini, sejarah telah memberikan gambaran atas apa yang akan terjadi padanya, kehancuran dalam waktu yang dekat.

maka ketinggian peradaban sesungguhnya sempurnanya kebutuhan dasar manusia yang disampaikan dalam Alqur'an Al karim, yaitu sempurnanya manusia dalam beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. yang beribadah itu berdiri diatas sarana prasarana yang kita sebu dengan Dunia, sedang dunia itu mencakup sagala aspek fisik yang bersentuhan langsung dengan kehidupan kita. baik itu yang telah ada, atau yang belum ada (penemuan).

sehingga untuk menyempurnakan peradaban umat Islam diperlukan kekuatan-kekuatan fisik yang mampu menegakkan bentuk-bentuk peribadatan kepada Allah SWT, meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. pendidikan, teknologi, ilmupengetahuan, pengelolaan sumberdaya alam, kesejahteraan sosial dan masih banyak lainnya.

ini harus menjadi Proyek setiap Muslim, untuk memastikan segala hal yang berhubungan dengan dirinya (dunia) adalah sebagai upaya untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.


No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..