Tuesday, April 29, 2014

Gerhana adalah tanda kekuasaan Alloh SWT.

Hari ini Gerhana Matahari. Satu peristiwa alam dimana matahari, bulan dan Bumi  berada pada satu garis sejajar. Bulan yang berada diantara Matahari dan Bumi menyebabkan daerah permukaan bumi yang seharusnya terang disiang hari menjadi gelap. 

Peristiwa ini hanya dapat dilihat didaerah yang berada pada titik gerhana saja. Sedangkan di daerah lain, jika dilihat dengan mata telanjang barangkali hanya dapat dilihat sebagian saja. Seperti di Yogyakarta, nyaris tidak dapat dilihat, kecuali sebagian saja.

Cukuplah peristiwa alam tersebut sebagai pelajaran bagi orang-orang yang berakal, tentang kebesaran dan kekuasaan Alloh Swt. Orang-orang yang menganut paham animisme dan dinamisme, serta kaum pagan, seringkali menghubungkan peristiwa alam luar biasa dalam pemahaman-pemahaman mistis, mitos-mitos dan disambut dengan ritual-ritual yang mengandung kesyirikan.

Alloh SWT yang menciptakan, mengatur dan berkehendak melakukan sesuatu terhadap ciptaanNya. Setiap peristiwa alam yang terjadi bagi kita adalah wasilah untuk mengenal Alloh, mengenal dzatNya, nama dan sifatnya. Semoga kita tegolong orang yang mendapat petunjuk.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..