Wednesday, January 25, 2012

Megaupload di nonaktifkan

Coba menelusuri, mengapa link download file2 naruto video tak dapat di dowload, usut punya usut ternyata hal ini dikarenakan file-file ini telah di delete oleh server penyimpan file Upload Usernya. ya.. hal ini dilakukan setelah FBI menonaktifkan website Megaupload sejak Kamis, 19 Januari 2012, sebuah situs filesharing gratis bagi pengguna layanan internet. tidak sekedar menonaktifkannya, bahkan salah satu dari tujuh pendirinya  Kim Dotcom atau Kim Schmitz yang merupakan pria berkewarganegaraan ganda Jerman dan Finlandia turut ditangkap oleh FBI, karena  didakwa berperan dalam aksi kejahatan hak cipta terbesar yang pernah dibawa ke Amerika, dan menyebabkan kerugian lebih dari US$ 500 Juta. dia terancam 20 tahun hukuman penjara

Dalam pernyataannya, pihak Justice Departement dan FBI mengatakan bahwa para tersangka bertanggung jawab atas 'aksi masif pembajakan online skala global melalui Megaupload dan beberapa situs terkait'. 

Namun demikian "Tuan Dotcom telah menolak segala tuduhan, dan mengelak tentang adanya Mega Konspirasi," ujar kuasa hukumnya Paul Divison, di depan pengadilan, Senin (23/1/2012) ini seperti dikutip Reuters. Namun, Jaksa Penuntut Umum Anne Toohey mempercayai profil kriminalitas Dotcom. Terutama mengingat, Dotcom dipercayai memiliki akses keuangan, dapat mengorganisasi transportasi dengan mudah, dan memiliki beberapa identitas.

hal ini akhirnya berdampak pada situs-situ penyedia layanan serupa, dengan melakukan aksi penutupan atau mengurangi fitur-fiur yang dimilikinya. bahkan hingga menghilangkan fungsi Sharingnya. sehingga file yang di Upload tidak dapat di lihat atau di donload oleh orang lain, alias hanya bisa di download oleh sang pengguna saja.

disisi lain peristiwa penonaktifan ini juga memicu kemarahan para pengguna layanan internet yang lain, sehingga melakukan aksi protes berupa penyerangan menggunakan metode DDoS, yang merupakan salah satu pengembangan serangan DoS.

DoS  (bahasa Inggrisdenial-of-service attacks') adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

 Sementara itu DDoS (Distributed Denial of Service (DDos)) adalah salah satu jenis serangan Denial of Service yang menggunakan banyak host penyerang (baik itu menggunakan komputer yang didedikasikan untuk melakukan penyerangan atau komputer yang "dipaksa" menjadi zombie) untuk menyerang satu buah host target dalam sebuah jaringan.

bila sebuah situs terkena serang ini, maka akan mengakibatkan terhambatnya aktivitas situs, sehingga menyebabkan Downline. salah satu situs yang diserang oleh sekelompok yang menyatakan dirinya Anonymous ini adalah http://universalmusic.com





referensi:

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..