Thursday, July 19, 2012

1 Ramadhan 1433 H

 Berdasarkan putusan hasil sidang Isbat yang digelar oleh pemerintah, 1 Ramadhan 1433 H jatuh pada tanggal 21 Juli 2012. Hasil ini diperoleh seteleh melakukan pengamatan terhadap bulan. Bulan pada tanggal 20 Juli belum terlihat oleh mata telanjang.

Namun demikian, salah satu ormas Islam Indonesia menetapkan satu hari lebih awal. Hal ini diterangkan Oleh pihak Muhammadiyah dengan menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Jumat (20/7/2012) besok. Ketetapan dari Muhammadiyah itu berdasarkan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1433 Hijriah sesuai hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.


Memang benar adanya bahwa bulan telah ada, beberap diskusi kami dengan dosen dan mahasiswa di Majelis Kajian Masjid Al Mujahidin UNY. Menggunakan simulasi stelarium*, bahwa bulan pada tanggal 20 Juli memang telah ada, namun dengan penampakan yang sangat kecil yaitu 0,2'. maka bagi mereka yang memahami hadist tentang hadirnya hilal dengan hakiki wujudul hilal, bulan telah ada.

Namun berbeda dengan pemerintah, yang menggunakan hisab, dengan melakukan pengamatan terhadap kehadiran bulan malali mata telanjang oleh orang yang telah ditetapkan. serta didukung oleh ilmu pengetahuan modern, bulan dengan penampkan 0,2' tidaklah nampak oleh mata. sehingga satu ramadhan jatuh pada tanggal 21 juli. dimana bulan berada pada 0.5' diatas standar bulan dapat dilihat oleh mata yaitu 0,4'.

Demikian pada akhirinya perbedaan ini memberi keluwesan kepada kaum muslimin untuk mengambil pendapat yang mana. karena pada dasarnya keduanya memiliki dalil yang cukup kuat. Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita..

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang memilih satu ramadhan pada tanggal 20 Juli, dan selamat pula menunaikan ibadah puasa bagi mereka yang memilih satu ramadhan pada tanggal 21 juli...

Happy saum in Ramadhan.

-----------

1 comment:

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..