Monday, July 16, 2012

Bukan Sekedar Kerudung Gaul

Mengapa tak pilih saja kerudung yang syar'i?
Bukan sekedar kerudung gaul karya Burhan Sodiq menjelaskan secara gamblang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengenakan kerudung.

Dalam Islam, Hijab memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap wanita yang telaha menginjak usia dewasa diwajibka untuk menutup auratnya. adapun aurat wanita adalah segala yang ada pada dirinya kecuali wajah dan telapak tangan. bedasarkan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.
Dari khalid bin Duraik, dari A'isyah ra. Asma binti Abu Bakar r.a. pernah berkunjung kepada Rasulullah SAW mengenakan pakaian tipis. Maka Rasulullah SAW berpaling daripadanya serasa bersabda "Wahai Asma', sesungguhnya waniti apabila telah baligh, tdak benar terlihat daripadanya ini.... dan ini...". Beliau memberi Isyarat kepada wajah dan kedua tangannya. (Hadist Shohih Abu Dawud no 3945; Buku IV; Halaman 521).
Loh.. kok ribet amat ya jadi perempuan..?
Allah SWT, apapun yang berasal dariNya semua itu adalah kebaikan. Tak terkecuali kewajiban-kewajiban yang ditetapkan untuk wanita. Baik Laki-laki ataupun perempuan, disisi Allah SWT memiliki derajat yang sama, hanya ketakwaanlah yang membedakan.

Beberapa golongan menganggap hal ini (Berjilbab) adalah sebuah batasan, halangan bagi kebebasan wanita. Sehingga tidak sedikit diantara kaum wanita yang memilih mengumbar bagian-bagian tubuh itu untuk alasan yang bernama "kebebasan". Betul, memang ada yang salah pada mereka yang memilih jalan ini, mereka belum memahami betul hakikat kebebasan, dan hakikat kehidupan. maka para muslimah, dan orang-orang yang sholih, yang telah memahami makna kehidupan memilih kebebasan dengan cara yang berbeda. Yakni kebebasan untuk menyembah Allah SWT sesuai dengan syariat yang sempurna dalam kitab sucinya. Inilah kebebasan yang diperjuangan oleh umat Islam...

So... kaum hawa yang dicintai Allah SWT. bagi seorang perempuan yang telah memilih untuk mengenakan jilbab, bukan serta merta akan terhindar dari segala godaan dan gangguan. terlebih jika sebelumnya ia tak mengenakan jilbab. Godaan dan gangguan itu bisa berasal dari lingkungannya dengan mengolok-olok, menyindir atau bahkan menjauhi. Inilah gunanya untuk memilih teman yang baik.

Ada empat jenis teman yang Burhan paparkan dalam buku bersampul pink ini. Yang pertama adalah teman yang seperti minya wangi. keberadaannya memberi pengaruh positif pada diri kita, Sehingga kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh kawan kita ini dapat pula mengangkat derajat kita.

Yang kedua adalah teman yang seperti Vitamin. inilah sebaik-baik teman. keberadaannya selain memberi citra baik kepada kita, juga ia mampu mendidik kita menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Ini teman sulit dicari, dan kalau sudah memiliki jangan diabaikan. Semoga Allah SWT menjadikan orang-orang disekitar kita kawan-kawan seperti ini.

Yang ketiga adalah kawan yang seperti penyakit. keberadaannya menjadi beban buat kita. Energi tidak optmal, suka lemas, letih, lesu, tidak punya gairah hidup. memberikan efek negatif pada kita berupa hilangnya waktu karena tak dimanfaatkan dengan kegiatan-kegiatna yang positf

dan yang keempat adalah teman yang seperti racun. Kalau yang ini sebaiknya dijauhi. kalau teman memilih berjilbab, maka teman seperti ini akan menghasut dan berusaha sekuat mungkin agar teman melepaskan jilbabnya. Ga trendi lah,, ga gaul lah.., pokoknya dia akan merasa senang jika orang  lain jauh dari menjalankan syariat Allah SWT.

Selanjutnya, perubahan itu adalah membeda. Membedakan diri masa lalu dengan diri masa sekarang. Dan tidak ada perubahan yang dapat bertahan lama dan memberi efek besar dalam kehidupan kita melainkan diawali dari Niat yang kuat.

Maka penting bagi muslimah yang telah memilih berjilbab untuk membulatkan tekad sekuat-kuatnya, dan meperbaharuinya setiap hari. Ciptakan motivasi niat yang paling kuat. apa sih yang bikin kamu mau pake jilbab?

Karena si Dia (Ehm..), atau karena aturan institusi, atau karena paksaan teman, atau karena disuruh orangtua, atau karena apa?

Apapun motivasi sahabat untuk mengenakan jilbab, pastikan itu adalah motivasi terkuat untuk berproses menuju perubahan yang lebih baik. dan pastikan niat sahabat senantiasa diperbaharui seiring dengan memahami ajaran-ajaran Islam dengan lebih dalam.

Pada Akhirnya semua butuh proses.

Perjuangan yang sesungguhnya adalah apa yang akan sahabat hadapi sesudah Niat. tantangan dan godaannya sangat besar. Mulailah mengubah perilaku diri yang paling dasar. 

Dimulai dari membersihkan diri kita dari perilaku syirik. Buang segala hal yang berbau mistis dan kejawenan. Bersihkan Jin-jin yang bersemayam dalam diri, berpalinglah kepada Allah SWT dengan kebersihan diri yang maksimal. lalu bertobat.

Selanjutnya bisa sahabat lanjutkan dengan membaca bukunya...

Dedicated for ::. Perpustakaan Masjid Al Mujahidin UNY:

1 comment:

  1. Benar.

    Selangkah anak perempuan keluar dari rumah tanpa menutup aurat maka selangkah juga ayahnya itu hampir ke neraka, Selangkah seorang istri keluar dari rumah tanpa menutup aurat maka selangkah juga suaminya itu hampir ke neraka.

    Maka tutupilah auratmu dan jilbab adalah lebih baik bagimu wahai wanita serta berhati-hatilah dari ber-tabarruj (berlebih-lebihan dalam berhias).

    ReplyDelete

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..