Thursday, March 14, 2013

Mengenal K.H. Hasyim Asy'ari

K.H. Hasyim Asy'ari biografi singkat 1871-1947
Belajar dari Muhammad Rifai melalui buku K.H. Hasyim Asy'ari; Biografi singkat 1871-1947.

K.H. Hasyim Asy'ari disebut sebagai pemilik darah biru dan darah putih. Keturuan bangsawan disatu sisi dan keturunan 'alim dari arah yang lain. Dia adalah keturunan dari raja majapahit terakhir Prabu Brawijya VI (lembu peteng). 

Muhammad Rifai menuliskan silsilah beliau menurut Akarhanaf sebagai berikut. K.H. Hasyim Asy'ari bin Halimah binti Layyinah binti Sichah bin Abdul jabbar bin Ahmad bin Pangeran Sambo bin Pangeran Banawa bin Jaka Tinkir bin Prabu Brawijaya VI.

Beliau lahir pada tanggal 24 Dzulqa'dah 1287 H atau 14 Februari 1871 M. Putera ketiga dari sebelas bersaudara. Nama lengkap beliau Muhammad Hasyim Asy'ari bin Abdull Wahid bin Abdul Halim, yang bergelar pangeran Bona, bin Abdul Rohman Rahman yang dikenal dengan Jaka Tingkir Sultan Hadiwijoyo, bin Abdullah bin Abdul Aziz bin Abdul Fatih bin Maulana Ishaq, dari Raden 'Ain al Yaqin yang disebut Sunan Giri. Jadi, dari nasabnya beliau merupakan campuran darah biru dan darah putih. Campuran kalangan ningrat, priyayi, keraton dan kalngan tokoh agama, kiai, santri. Readmore

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..