Friday, March 21, 2014

#Tolak Partai Poligami


Beberapa waktu lalu, ada di Dunia Twitter hastag #Tolakpartaipoligami menjadi salah satu trending topic. di jagad twitter. Salah satu sebab sebuah tema menjadi trending topic salah satunya karena dibicarakan oleh banyak orang, didiskusikan oleh banyak orang, di retwet, dan lain sebagainya. Pada intinya tema tersebut sedang ramai dibicarakan dijagad Twitter.

Bahkan harian berita Republika memuat berita ini disitus beritanya.

"Akun @KicauPemilu bahkan sempat melakukan aksi kultwit mengenai topik ini. erdasarkan HYPERLINK "http://chipstory.com", kultwit berisi 24 poin dan telah disimak 2489 orang dan jumlah viewer masih akan bertambah.", begitu situs republika.co.id ini memuat berita tentang ramainya hastag ini.

Dalam jagad maya, beberapa istilah seringkali menjadi satu pembicaraan yang heboh karena pada waktu yang bersamaan dan berpotensi berkelanjutan sedang hangat dibicarakan. Dan agar istilah tersebut menjadi trending, biasanya memerlukan satu upaya khusus. beberapa dianaranya yang pertama topic tersebut berkaitan seputar dunia selebritis dan orang terkenal lainnya; seperti kepala negara atau kepala organisasi tertentu.

Topic seperti ini sangat sering menjadi trending dalam jagad maya, terutama Twitter, karena karakter selebritis yang menjadi tontonan jutaan manusia, menyebabkan segala sesuatu yang berkenaan dengan dirinya tentu akan menjadi informasi yang akan dilihat oleh banyak orang. 

Dan kepala negara, atau orang penting lainnya. sama halnya dengan selebritis, karena merupakan orang yang penting dalam satu komunitas manusia, maka segala informasi yang terjadi pada dirinya pun akan menjadi ternding topic bagi masyarakat.

Bedanya dengan dulu, topic yang diterima oleh masyarakat melalui surat kabar dan televisi hanya bersifat satu arah, masyarakat hanya menerima informasi membicarakan namun pembicaraan mereka tak diketahui orang lain atau tak saling mengetahui. Sedang zaman sekarang, diera kebesasan informasi dan canggihnya teknologi, secara cepat informasi yang diterima oleh masyarakat akan mendapat feedback. Jika informasi tersebut menjadi pembicaraan banyak orang maka bisa dipastikan Topic tersebut akan menjadi trend yang dapat dilihat melalui jejaring sosial; Twitter misalnya.

Yang kedua, sebuah topik akan menjadi trend, jika ada usaha untuk menyiarkannya saat itu. Karena memerlukan usaha, maka biasaya topik-topik seperti ini memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Dunia maya, jejaring sosial adala lahan potensial untuk melakukan marketisasi produk, dan pada saat yang sama juga menjadi sarana strategis untuk melakukan demarketisasi produk.

Produk apa saja yang bisa di marketisasi/demarketisasi? bisa apa saja, tergantung pesanan.






No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..