Saturday, February 23, 2013

Menyimak Quick Count Jabarsatu

24 Februari 2013, jabar satu digelar. Warga jabar bergerak memberikan pilihan suara kepada calong gubernur yang menjadi pilihannya.

Quick count adalah salah satu cara untuk menghitung prakiraan suara peserta pemilukada. salah satu metode yaitu dengang menggunakan metode sampling. bebrapa tps dipilih sebagi perwakilan seluruh tps yang tersebar diwilayah perhitungan suara.

Meski demikian peran teknologi sangat dominan kali ini. informasi tidak hanya berasal dari satu sumber sja, jadi kita bisa membandingkan perolehan quick count dari berbagai media yang menampilkan acara yang serupa.

Dengan hadirnya teknologi, akses terhadap informasi terbuka secara bebas. para pelaku media tentu harus berhati-hati dalam menampilkan informasi. Kini masyarakat tak bisa lagi dibohongi dengan cara melakukan manipulasi informasi oleh pelaku media. pasalnya masyarakat akan segera tahu apakah informasi yang disajikan itu benar atau tidak.

Terkadang media dalam menyajikan informasi mengarahkan pembaca ke arah tertentu, yang terkadang menurut pihak-pihak tertentu itu sangat merugikan dirinya. beruntung dengan keberadaan teknologi informasi pada era sekarang ini, hal tersebut akan segera terendus.

Benar bahwa media sulit untuk dikatakan netral sebagai pihak yang menyebarluaskan informasi. tetapi masyarakat telah menjadi lebih pintar dalam menyikapi berbagai informasi yang diberitakan oleh media.

Maju masyarakat Indonesia, masyarakat cerdas menyikapi informasi.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..