Sunday, February 10, 2013

Orbit Dakwah Kampus

Siapa yang tidak mengenal dakwah kampus? dakwah kampus telah lestari sejak prinsip dasar pendidikan Indonesia dibangun. bahkan mungkin jauh sebelum itu.

Dakwah akan terus hidup mengikuti segala kondisi yang ada disetiap zaman, berkolaborasi, berasimilasi, berelaborasi, berkonstruksi, bertumbuh dengan setiap tantangan di setiap zaman. 

Sejak pendidikan bermakna luas sebagai upaya pembelajaran seumur hidup, dimana saja, kapan saja oleh siapa saja. hingga mengalami penyempitan makna dalam bentuk institusi pendidikan, dakwah terus hidup didalamnya. Dakwah yang tadinya dianggap hanya dilakukan oleh kaum tertentu berlabel ahli agama lulusan lembaga khusus pendidikan agama, hingga meluas dilakukan oleh semua orang yang memiliki interest didalamnya. Terus berkembang, mengikuti perkembangan zaman.

Ya.. urusan dakwah memang tidak bisa diembankan hanya kepada satu orang atau sebagian orang saja. sebab tugas dakwah secara eksplisit menjadi tugas bagi setiap muslim. hanya saja setiap orang menanggung beban tahapan dakwah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. ada yang tahapannya baru untuk dirinya sendiri, sedang diwaktu yang lain ada untuk orang banyak. ada yang di sektor pendidikan, ekonomi, dan dibidang lain. Beda kondisi tidak berarti menyebabkan dakwah menjadi berbeda. Tujuan utamanya adalah melakukan pembinaan dan ajakan dengan cara-cara yang tepat dan sesuai dengan kondisi untuk menegakkan syariat Islam. Tetap dakwah adalah tugas setiap orang Islam.

Dakwah kampus, tumbuh sejak institusi pendidikan tinggi itu sendiri ada. Sebab pendidikan secara subtantif memiliki kesamaan dengan dakwah. 

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..