Friday, February 15, 2013

Selamat lewat dakwah kampus

Lembaga dakwah kampus (LDK) adalah sebuah organisasi massa. Yang dihuni oleh beragam cita rasa manusia; bahasa, adat istiadat, suku, dan latarbelakang pendidikan. yang dengan keragaman itulah maka mereka memerlukan sebuah system yang dapat mengatur dan mengarahkan mereka pada tujuan, yang kemudian kita sebut dengan organisasi.

Pertanyaannya adalah apa yang menjadi tujuan dari organisasi ini? Atau apa apa sebenarnya tujuan itu sendiri?..

Nah loh bingungkan..? apa lagi saya!

Mari kita mulai dengan mendefenisi apa itu “tujuan” sebelum kita lebih jauh melangkah. Dalam kamus bahasa Indonesia Online, frasa tujuan berarti (1) arah; haluan (jurusan), (2) yang dituju;maksud;tuntutan (yang dituntut).

Tujuan, adalah sesuatu yang dengannya seseorang akan berjuang untuk mewujudkannya (yang dituju). Tujuan adalah akhir dari perjalanan, namun juga merupakan awal dari perjuangan, yang menjadi pijakan, dasar, motivasi untuk bergerak.

Setelah memahami makna dari tujuan, maka selanjutnya adalah menentukan tujuan itu sendiri. Apa yang menjadi tujuan kita? Terutama tujuan hidup kita? Sebagai seorang muslim.


“Setiap orang yang mendalami Al-Qur'an dan mempelajari Sunnah tentu mengetahui bahwa puncak tujuan dan sasaran yang dilakukan orang Muslim yang diwujudkan pada dirinya dan di antara manusia ialah ibadah kepada Allah semata”. (Ali bin Hasan bin Ali bin Abdul Hamid Al-Halabi Al-Atsary)

"Dan, sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): 'Sembahlah Allah (saja) dan juahilah thaghut'." [An-Nahl : 36]

"Dan, Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada Ilah selain Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku." [Al-Anbiya' : 25]
Tujuan asasi seorang manusia seluruhnya adalah beribadah kepada Allah SWT., dengan tidak menyekutukannya sedikitpun. Tauhid.

Tauhid ini yang menjadi alasan diutusnya para nabi dan rasul. Dan seharusnya menjadi tujuan hidup manusia seluruhnya. Seluruhnya… sejak Nabi Adam hingga Muhammad SAW., yang diantaranya telah pula diturunkan ratusan ribu nabi dalam suatu riwayat, semata-mata untuk menjelaskan kepada manusia tentang tujuan ini. Jalan mereka inilah yang kita sebut dengan dakwah.

Jadi,. Tauhid adalah tujuannya, beribadah kepada Allah SWT., adalah manifestasi tauhid itu sendiri, dakwah adalah cara meraih tujuan, dan organisasi adalah system yang mengatur langkah-langkah dakwah dan menopang dakwah itu sendiri.

LDK adalah bagian dari organisasi dakwah. Yang memiliki peran sama penting dalam melakukan syiar dan pembinaan kepada manusia agar mereka beribadah kepada Allah SWT. Menunjukkan kepada manusia tentang jalan keNabian, mengarahkan mereka agar dapat menemukan hidayah, membimbing mereka agar menjadi generasi Robbani. Generasi Qur’ani, yang hidup semata-mata untuk Allah SWT.

Perhatikan..! ada tiga identitas yang melekat dari LDK itu sendiri. Pertama organisasi, yang itu seperangkat system yang menjadi sarana prasarana untuk menjalankan kerja-kerja lembaga. Yang kedua adalah dakwah, yang menjadi karakter atau nilai yang ditopang oleh organisasi itu. yang ketiga adalah lokasi atau tempat ber-eksisnya organisasi itu, kampus. Tempat dimana orang-orang muda saling mempertemukan semangat mereka. Dalam kesederhanaan, dan kepapaan (miskin, masih ditanggung orang tua :red) mereka menyatukan visi dan misi untuk bersama dalam hangat secangkir ukhuwah menegakkan sunnah.

LDK sebagai sebuah organisasi memiliki beragam perangkat agar dapat berfungsi. Yang pertama adalah kepemimpinan, cara pengambilan keputusan, system kaderisasi, dan syiar. Meskipun demikian, bidang-bidang yang dibentuk dalam sebuah organisasi mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya, karena kebutuhan yang memang berbeda, medan yang berbeda, dan tahapan dakwah yang berbeda.

Coba bandingkan bidang-bidang yang ada di Haska JMF dengan bidang yang ada di UKKI atau di Al Musthofa, atau di Al Huda dan di LDF lainnya. Pastinya berbeda, baik dari segi nama maupun strategi yang digunakan. Itu semua karena perbedaan medan yang dihadapi.

LDK sebagai sebuah gerakan dakwah mensyaratkan segala aktifitas organisasi mengandung nilai-nilai Islam, sesuai dengan syariat. Tentang bagaimana kepemimpinan dalam Islam, bagaimana mengambil keputusan dalam Islam, bagaimana melakukan pembinaan terhadap anggotanya agar menjadi pribadi Qur’ani, dan tentang bagaimana strategi menyebarluaskan nilai Islam.

Dakwah adalah kerja, dia menuntut terbakarnya energy. Agar besaran reaksi mencapai hasil yang maksimum maka aksi yang perlu dilukakan juga harus maksimum.

Tetapi dakwah juga cinta, karena rasa cinta kita pada saudara kita maka kita bersabar membimbingnya, mengarahkannya, membentuk kepribadiannya.. agar selamat ia. Bukankah kita menginginkan kebersamaan hingga kesurga! Itulah harapan.

Dakwah juga pengorbanan, dia akan meminta waktumu, masa mudamu, meminta tenagamu, meminta tangismu, meminta hartamu. Namun sungguh balasan atas semua itu lebih baik.

Karena dakwah adalah cinta, kerja, dan pengorbanan, maka dia harus dilaksanakan penuh kesungguhan. Mujahadah terbaik. Semata-mata karena Allah SWT.,

Katakanlah: 'Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata. Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik." [Yusuf : 108]

Sedangkan kampus, inilah tempat potensi-potensi besar berkumpul. Berharap ada yang memberi sentuhan sebagai lompatan agar menjadi generasi pemenang. Sebuah sentuhan yang mampu membuka terang kekuatan potensi yang kian hari kian menumpuk seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dan sentuhan itu adalah Islam, dakwah, LDK.

Maka jangan sia-siakan waktumu tanpa memperoleh sedikitpun sentuhan Islam. siapakah yang lebih baik celupannya daripada celupan Allah.. sungguh merugi manusia bila dalam kehidupannya dia tidak mampu mengenal Allah SWT., padahal siapa yang dapat menolongnya selain Allah pada hari dimana setiap orang mempertanggungjawabkan perbuatannya. Aqidah yang selamat, ibadah yang benar dan akhlak yang baik adalah kunci agar kita menjadi manusia yang berbahagian di Duni dan di Akhirat.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak..